Happy Cute Box Bear

ES PISANG IJO

Minggu, 05 Januari 2014

Es pisang ijo merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Makassar. dinamakan Es pisang ijo karena memang berbahan dasar pisang ijo yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau. Es pisang ijo ini memang sangat nikmat apalagi dinikmati saat siang hari bersama teman-teman. silahkan dicoba . . . :)




Bahan Pewarna :

200 gram daun suji
200 gram daun pandan
500 ml air

Bahan Pisang Ijo :

15 buah pisang raja yang tengah matang(kalau tidak ada bisa pisang kepok)
200 gram tepung beras
200 gram tepung terigu
50 gram gula pasir
600 ml santan kental dari 1 buah kelapa / santan instan 90ml dicairkan dengan 400ml air
500 ml air pandan
3 tetes pasta pandan
1 sdm margarin

Bahan Vla Santan

500 gram tepung beras
500 ml santan kental
100 gram gula pasir
½ sdt garam

Pelengkap

pecahan es batu secukupnya
sirup coco pandan atau sirup merah lainnya
susu kental manis

Cara Membuat Pisang Ijo:

1.       Siapkan daun pandan dan daun suji, potong-potong ukuran 2 cm dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan blender halus. Saring sari pandan. Ambil 500 ml air daun pandan untuk mewarnai adonan pisang ijo.
2.      Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan, aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus. Masukkan gula pasir, dan pasta pandan , aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang. 
3.      Angkat adonan, tambahkan margarin dan uleni dengan sendok nasi hingga adonan menjadi licin dan kalis. 
4.      Letakkan selembar plastic di meja. Olesi permukaanya dengan minyak goreng, letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dengan menekannya dan letakkan sebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan kulit hingga pisang tertutup, bentuk adonan menyerupai bentuk pisang. 
5.      Siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan yang telah dibentuk di atasnya. Lipat daun pisang dan bungkus si pisang ijo. Tata di kukusan. Lakukan hingga semua adonan habis.
6.      Kukus selama 15 menit. Keluarkan dari  kukusan dan biarkan hingga dingin.

Cara Membuat Vla Santan :

Siapkan panci, masukkan semua bahan vla santan, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan. Masak di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang. Lalu angkat dan dinginkan.

PENYAJIAN :

Siapkan mangkuk, ambil sebuah pisang ijo. Potong-potong dengan ketebalan sesuai keinginan. Tata di pisang ijo di mangkuk, siram dengan vla santan. Tambahkan es batu dan kucuri dengan sirup cocopandan dan susu kental manis.

Es pisang ijo siap disantap . . . :)

Sumber : http://www.justtryandtaste.com/2013/07/resep-pembaca-jtt-es-pisang-ijo-tetap.html

0 komentar:

Posting Komentar

Nice and Simple Recipes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino